Welcoming info for new semester
- Wirausaha kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokalA.Perencanaan usaha kerajinan dengan ispirasi objek budaya lokalKegiatan wirausaha di dukung oleh ketersediaan sumber daya manusia ,material,peralatan,cara kegiatan pasar dan pendanaaan.sebuah wirausaha dikenal dengan sebutan6M,Yakni:Man(manusia),Money(uang),Material(bahan),Machine(peralatan),Methode(cara kerja)dan Market(pasar). Wirausaha kerajinan dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku (Material),keterampilan produksi(Man&Machine)dan budaya lokal yang ada di daerah setempat.Ragam objek budaya lokal yang terdapat di daerah akan menjadi inspirasi untuk perancangan kerajinan yang akan di buat .untuk itu dapat dilakukan pencarian informasi tentang ragam jenis material khas daerah yang dapat di gunakan untuk kerajinan serta perajin yang membuat kerajinan di daerah setempat.B.Perancangan dan produksi kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokalObjek budaya lokal dan material serta teknik khas daerah merupakan potensi yang harus dikembangkan sehingga lestari menjadi manfaat bagi daerah.setiap daerah memiliki objek budaya lokal yang berbeda-beda.Proses perancangan kerajinan diawali dengan pemilihan sumber inspirasi dan pencarian ide produk kerajinan ,pembuatan sketsa ide,pembuatan studi model kerajinan,dilanjutkan dengan pembuatan petunjuk produksi.Objek budaya lokal dapat berupa objek 2 (dua) dimensi seperti relief&3(tiga)dimensi seperti bangunan.1.pencarian ide produkPengetahuan dan apresiasi kita terhadap berbagai kekayaan objek budaya lokal di daerah setempat,pakaian tradisional ,rumah adat , sejata tradisioanal, alat musik DLL dapat mendorong munculnya ide untuk pembuatan produk kerajinan.ide bisa muncul secara tidak berurutan ,dan tidak lengkap namun dapat juga muncul secara utuh .Kunci sukses dari tahap brainstorming dalam kelompk adalah jangan ada perasaan takut salah,setaiap orang berhak mengeluarkan pendapat saling menghargai pendapat teman, boleh memberikan ide yang merupakan perkembangan dari ide sebelumnya.2.membuat gambar /sketsaIde –ide produk ,rencana atau rancangan dari produk kerajinan dibuatkan sketsanya agar ide yang abstrak menjadi berwujud.rancangan dapat di gambarkan pada sebuah buku dengan menggunakan pensil,spidoldan sebaiknya hindari penggunaan penghapus,triklah garis tipis dahulu.3.pilih ide terbaiksetelah anda menghasilkan banyak ide dan menggambarkannya dengan sketsa,mulai pertimbangkan ide mana yang paling baik.4.prototyping atau membuat studi modelSketsa ide yang dibuat pada tahap-tahap sebelumnya adalah format dua dimensi .kerajina yang akan dibuat berbentuk tiga dimensi .maka ,studibentuk selanjutnya dilakukan dalam format tiga dimensi,yaitu dengan studi model.5.perencanaan produksiA. Produksi kerajinan dengan inspirasi objek benda lokalTahapan produksi secara umum terbagi atas pembahanan,pembentukan ,perakitan dan cara finising.tahap pembahanan adalah mempersiapkan bahan /matrial.pembentukan adalah membentuk bahan yang sudah di persiapkan .perakitan adalah merakit bahan sudah di bentuk.finising adalah tahap terakhir /tahap pengecekan barang sebelum di jual ke pasaran.B.Kemasan kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokalKemasan untuk kerajinan berfungsi untuk melindungi produk dai kerusakan serta memberikan kemudahan membawa dari produksi hingga ke konsumen &menambah daya tarik pembeli.Kemasan dibagi menjadi 3(tiga)kemasan :-kemasan primer => kemasan yang melekat pada produk-kemasan sekunder => beberapa kemasan primer yang berisi produk-kemasan tersier => kemasan untuk distribusi.C. Perhitungan biaya produksi kerajinan dengan inpirasi objek budaya lokalBiaya produksi adalah biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk terjainya produksi barang .UNSUR biaya produksi = biaya bahan baku,biaya tenaga kerja dan biaya overhead.D. Pemasaran langsung kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokalPemasaran langsung adalah promosi dan penjualan yang dilakukan langsung kapada konsumen tanpa melalui toko.Sistem penjualan dibagi menjadi 2 ,yaitu:-penjualan satu tingkat (single-level marketing) =>wirausaha langsung memasarkan dan menjual kepadakonsumen tanpa membutuhkan toko /pramuniaga-penjualan multitingkat (multi-level marketing) => dapat dilakukan denagn cara pemesananE. Evaluasi hasil kegiatan usaha kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokalEvaluasi adalah hasil akhir sebuah kegiatan usaha .
- Wirausaha kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokalA.Perencanaan usaha kerajinan dengan ispirasi objek budaya lokalKegiatan wirausaha di dukung oleh ketersediaan sumber daya manusia ,material,peralatan,cara kegiatan pasar dan pendanaaan.sebuah wirausaha dikenal dengan sebutan6M,Yakni:Man(manusia),Money(uang),Material(bahan),Machine(peralatan),Methode(cara kerja)dan Market(pasar). Wirausaha kerajinan dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku (Material),keterampilan produksi(Man&Machine)dan budaya lokal yang ada di daerah setempat.Ragam objek budaya lokal yang terdapat di daerah akan menjadi inspirasi untuk perancangan kerajinan yang akan di buat .untuk itu dapat dilakukan pencarian informasi tentang ragam jenis material khas daerah yang dapat di gunakan untuk kerajinan serta perajin yang membuat kerajinan di daerah setempat.B.Perancangan dan produksi kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokalObjek budaya lokal dan material serta teknik khas daerah merupakan potensi yang harus dikembangkan sehingga lestari menjadi manfaat bagi daerah.setiap daerah memiliki objek budaya lokal yang berbeda-beda.Proses perancangan kerajinan diawali dengan pemilihan sumber inspirasi dan pencarian ide produk kerajinan ,pembuatan sketsa ide,pembuatan studi model kerajinan,dilanjutkan denagn pembuatan petunjuk produksi.Objek budaya lokal dapat berupa objek 2 (dua) dimensi seperti &3(tiga)dimensi seperti bangunan.1.pencarian ide produkPengetahuan dan apresiasi kita terhadap berbagai kekayaan objek budaya lokal di daerah setempat,pakaian tradisional ,rumah adat , alat musik DLL dapat mendorong munculnya ide untuk pembuatan produk kerajinan.ide bisa muncul secara tidak berurutan ,dan tidak lengkap namun dapat juga muncul secara utuh .Kunci sukses dari tahap brainstorming dalam kelompk adalah jangan ada perasaan takut salah,setaiap orang berhak mengeluarkan pendapat saling menghargai pendapat teman, boleh memberikan ide yang merupakan perkembangan dari ide sebelumnya.2.membuat gambar /sketsaIde –ide produk ,rencana atau rancangan dari produk kerajinan dibuatkan sketsanya agar ide yang abstrak menjadi berwujud.rancangan dapat di gambarkan pada sebuah buku dengan menggunakan pensil,spidoldan sebaiknya hindari penggunaan penghapus,triklah garis tipis dahulu.3.pilih ide terbaiksetelah anda menghasilkan banyak ide dan menggambarkannya dengan sketsa,mulai pertimbangkan ide mana yang paling baik.4.prototyping atau membuat studi modelSketsa ide yang dibuat pada tahap-tahap sebelumnya adalah format dua dimensi .kerajina yang akan dibuat berbentuk tiga dimensi .maka ,studibentuk selanjutnya dilakukan dalam format tiga dimensi,yaitu dengan studi model.5.perencanaan produksiA. Produksi kerajinan dengan inspirasi objek benda lokalTahapan produksi secara umum terbagi atas pembahanan,pembentukan ,perakitan dan cara finising.tahap pembahanan adalah mempersiapkan bahan /matrial.pembentukan adalah membentuk bahan yang sudah di persiapkan .perakitan adalah merakit bahan sudah di bentuk.finising adalah tahap terakhir /tahap pengecekan barang sebelum di jual ke pasaran.B.Kemasan kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokalKemasan untuk kerajinan berfungsi untuk melindungi produk dai kerusakan serta memberikan kemudahan membawa dari produksi hingga ke konsumen &menambah daya tarik pembeli.Kemasan dibagi menjadi 3(tiga)kemasan :-kemasan primer => kemasan yang melekat pada produk-kemasan sekunder => beberapa kemasan primer yang berisi produk-kemasan tersier => kemasan untuk distribusi.C. Perhitungan biaya produksi kerajinan dengan inpirasi objek budaya lokalBiaya produksi adalah biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk terjainya produksi barang .UNSUR biaya produksi = biaya bahan baku,biaya tenaga kerja dan biaya overhead.D. Pemasaran langsung kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokalPemasaran langsung adalah promosi dan penjualan yang dilakukan langsung kapada konsumen tanpa melalui toko.Sistem penjualan dibagi menjadi 2 ,yaitu:-penjualan satu tingkat (single-level marketing) =>wirausaha langsung memasarkan dan menjual kepadakonsumen tanpa membutuhkan toko /pramuniaga-penjualan multitingkat (multi-level marketing) => dapat dilakukan dengan cara pemesananE. Evaluasi hasil kegiatan usaha kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokalEvaluasi adalah hasil akhir sebuah kegiatan usaha .
Tambahkan komentar