KWU Kelas X Budidaya Tanaman Hias Bagian 4

Untuk kelas X

Assalamu'alaikum anak-anak ibu yang shaleh dan shalehah, semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Semangat ya puasanya^^

Okee minggu ini kita sudah memasuki bagian keempat Bab Budidaya Tanaman Hias.
Bagi yang belum mengerjakan tugas minggu lalu, silahkan segera menyusul ya baru mengikuti tugas hari ini.


Strategi Pemasaran Tanaman Hias

Pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk
mencapai tujuan usaha dalam rangka mendapatkan laba yang direncanakan. Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menjalankan kegiatan pemasaran suatu produk antara lain jenis produk, persaingan produk, kebutuhan pasar, tujuan pemasaran dan hal lain yang berhubungan dengan produk itu sendiri seperti: harga jual, kualitas dan kemasannya. 
Perlu dilakukan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk. Salah satu startegi pemasaran yang bisa digunakan untuk produk makanan awetan dari bahan hewan adalah 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi).

Bentuk pemasaran tanaman dapat secara langsung atau tidak langsung, disesuaikan kebutuhan dan kondisi. Pemasaran langsung biasanya menggunakan saluran langsung ke konsumen untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran.

Pemasaran langsung untuk produk budi daya tanaman hias dapat menggunakan berbagai saluran untuk menjangkau calon pembeli dan pelanggan. Saluran itu seperti berikut.

1. Penjualan tatap muka: adalah kunjungan penjualan lapangan.

2. Pemasaran surat langsung: terdiri atas pengiriman tawaran, pemberitahun, pengingat, atau barang-barang lain kepada seseorang di alamat tertentu. Pengiriman surat bisa berupa: fax mail, e-mail , dan voice mail.

3. Pemasaran melalui katalog: terjadi ketika perusahaan mengirimkan satu atau lebih katalog produk kepada penerima yang terpilih.

4. Telemarketing: menggambarkan penggunaan operator telepon untuk pelanggan baru, untuk berkontak dengan pelanggan yang ada guna mengetahui dengan pasti level kepuasan pelanggan, atau untuk mengambil pesanan.

5. TV dan media dengan tanggapan langsung lain : tiga cara tv dalam mempromosikan penjualan langsung: iklan tanggapan langsung, saluran belanja di rumah, dan videotxt dan tv interaktif.

6. Pemasaran melalui kios: berupa mesin penerima pesanan pelanggan.

7. Saluran online
Saluran terbaru dari pemasaran langsung adalah saluran elektronik. Istilah perdagangan elektronik (e-commerce) menggambarkan satu varietas luas dari perangkat lunak atau sistem komputer elektronik, seperti pengiriman pesanan pembelian kepada pemasok melalui elektronik data interchange (EDI), penggunaan faks dan e-mail untuk melakukan transaksi; penggunaan ATM, kartu smart untuk memudahkan pembayaran dan mendapatkan uang tunai secara digital; dan penggunaan internet dan layanan online.

Tugas hari ini
1. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting dalam materi hari ini.
2. Buatlah esai(opini) mengenai pendapatmu tentang strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk tanaman hias yang pernah kamu pilih dari pekarangan rumahmu pada tugas sebelumnya, jelaskanlah alasanmu memilih strategi tersebut. Pemilihan strategi boleh lebih dari 1 strategi.
Kerjakan poin nomor 2 pada google form berikut 👇🏻

Minggu depan tanggal 18/5/2020 akan dilakukan UB Bab Budidaya Tanaman Hias.

Komentar