KWU Kelas XI Budidaya Pembenihan Ikan Hias Bagian 4
Untuk kelas XI
Assalamu'alaikum anak-anak ibu yang shaleh dan shalehah, semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Semangat ya puasanya^^
Okee minggu ini kita sudah memasuki bagian keempat dari Bab Budidaya Pembenihan Ikan Hias. Bagi yang belum mengerjakan tugas minggu lalu silahkan dikerjakan terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan tugas hari ini.
Promosi
Promosi merupakan kegiatan bidang marketing yang merupakan komunikasi kepada konsumen yang memuat informasi, membujuk dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang yang ditawarkan kepada konsumen.
Dengan tujuan meningkatkan volume penjualan dan menarik minat konsumen untuk membeli produk.
Strategi Promosi
1. Periklanan (Advestising)
yaitu bentuk promosi menggunakan berbagai media penyedia layanan iklan yang ditunjukkan untuk memicu konsumen untuk melakukan pembelian.
Contoh : Iklan di jeda acara televisi, google adsense di youtube, ig ads di timeline instagram dan lain-lain.
2. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
yaitu bentuk promosi secara personal dengan perantara lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditunjukkan untuk memicu konsumen untuk melakukan pembelian.
Contoh : sales promosi menawarkan produk di bazaar maupun dari rumah ke rumah.
Kata kuncinya adalah bertatap muka, berkomunikasi langsung dengan konsumen.
3. Publisitas (Publisity)
yaitu bentuk promosi non personal mengenai ulasan-ulasan suatu produk untuk memberikan informasi kepada konsumen dan menarik minat pembelian.
Contoh : Review yang dilakukan youtubers atau selebgram terhadap suatu produk.
4. Promosi penjualan (Sales promotion)
kegiatan mengajak konsumen untuk membeli produk dengan menyentuh sisi pikiran secara masuk akal dan rasional.
Contoh : Buy one get one, paket bundle, diskon produk/ potongan harga baik dengan memberikan presentase diskon maupun mencoret harga produk menjadi lebih murah, cashback.
5. Pemasaran langsung (direct marketing)
yaitu bentuk penjualan perorangan secara langsung untuk mempengaruhi pembelian konsumen yang sudah ditargetkan.
Contoh : penawaran produk melalui email konsumen atau direct message instagram, sms penawaran dana pinjaman dan lain-lain.
6. Melakukan promosi online melalui media sosial pribadi atau menggunakan e-commerce (aplikasi belanja online) dengan memposting produk yang akan ditawarkan ke konsumen
Tugas hari ini
1. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting dalam materi hari ini.
2. Buatlah esai(opini) mengenai pendapatmu tentang strategi promosi yang tepat untuk memasarkan produk ikan hias dengan jenis ikan yang pernah kamu cari tahu di tugas sebelumnya, jelaskanlah alasanmu memilih strategi tersebut. Pemilihan strategi boleh lebih dari 1 strategi.
Kerjakan poin 2 tugas tersebut pada google form berikut ini👇🏻
Tugas 4 Budidaya Pembenihan Ikan Hias
Minggu depan tanggal 18/5/2020 akan dilakukan UB Budidaya Pembenihan Ikan Hias.
Promosi
Promosi merupakan kegiatan bidang marketing yang merupakan komunikasi kepada konsumen yang memuat informasi, membujuk dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang yang ditawarkan kepada konsumen.
Dengan tujuan meningkatkan volume penjualan dan menarik minat konsumen untuk membeli produk.
Strategi Promosi
1. Periklanan (Advestising)
yaitu bentuk promosi menggunakan berbagai media penyedia layanan iklan yang ditunjukkan untuk memicu konsumen untuk melakukan pembelian.
Contoh : Iklan di jeda acara televisi, google adsense di youtube, ig ads di timeline instagram dan lain-lain.
2. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
yaitu bentuk promosi secara personal dengan perantara lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditunjukkan untuk memicu konsumen untuk melakukan pembelian.
Contoh : sales promosi menawarkan produk di bazaar maupun dari rumah ke rumah.
Kata kuncinya adalah bertatap muka, berkomunikasi langsung dengan konsumen.
3. Publisitas (Publisity)
yaitu bentuk promosi non personal mengenai ulasan-ulasan suatu produk untuk memberikan informasi kepada konsumen dan menarik minat pembelian.
Contoh : Review yang dilakukan youtubers atau selebgram terhadap suatu produk.
4. Promosi penjualan (Sales promotion)
kegiatan mengajak konsumen untuk membeli produk dengan menyentuh sisi pikiran secara masuk akal dan rasional.
Contoh : Buy one get one, paket bundle, diskon produk/ potongan harga baik dengan memberikan presentase diskon maupun mencoret harga produk menjadi lebih murah, cashback.
5. Pemasaran langsung (direct marketing)
yaitu bentuk penjualan perorangan secara langsung untuk mempengaruhi pembelian konsumen yang sudah ditargetkan.
Contoh : penawaran produk melalui email konsumen atau direct message instagram, sms penawaran dana pinjaman dan lain-lain.
6. Melakukan promosi online melalui media sosial pribadi atau menggunakan e-commerce (aplikasi belanja online) dengan memposting produk yang akan ditawarkan ke konsumen
Tugas hari ini
1. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting dalam materi hari ini.
2. Buatlah esai(opini) mengenai pendapatmu tentang strategi promosi yang tepat untuk memasarkan produk ikan hias dengan jenis ikan yang pernah kamu cari tahu di tugas sebelumnya, jelaskanlah alasanmu memilih strategi tersebut. Pemilihan strategi boleh lebih dari 1 strategi.
Kerjakan poin 2 tugas tersebut pada google form berikut ini👇🏻
Tugas 4 Budidaya Pembenihan Ikan Hias
Minggu depan tanggal 18/5/2020 akan dilakukan UB Budidaya Pembenihan Ikan Hias.
Komentar
Posting Komentar